Bila Malu Untuk Meminta Maaf

Kita semua tidak lepas dari berbuat kesalahan kepada orang lain. Ketika itu terjadi, sikap terbaik seorang muslim adalah bertaubat nasuha kepada Allah ta’ala dan meminta maaf kepada orang yang kita berbuat salah kepadanya. Janganlah ragu dan malu. Bila tetap masih malu, silakan disimak hadis berikut ini. Semoga menjadi pengingat dan nasihat bagi kita semua.

IMG-20150528-WA0051

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْلَ أَنْ لَا يَكُوْنَ دِيْنَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ، إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ، وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ.

“Barang siapa yang memiliki kezaliman terhadap saudaranya, baik pada kehormatan atau hal lainnya, hendaklah ia segera menyelesaikannya sekarang juga sebelum datang (hari ) di mana tidak ada dinar dan dirham. (Pada hari itu) bila ia memiliki amal saleh maka akan diambil amal salehnya seukuran kezaliman yang dilakukannya. Bila tidak punya kebaikan apa-apa, akan diambil dari keburukan-keburukan orang yang dizaliminya lalu dipikulkan kepadanya.” (HR. al-Bukhari)

Pada hari kiamat, perkara harta tidak dibayar dengan harta. Namun akan dibayar dengan kebaikan dan keburukan. Tidak ada satu kezalimanpun yang terlewatkan begitu saja. Semuanya akan diputuskan oleh Allah yang Maha Adil dengan seadil-adilnya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengingatkan:

لَتُؤَدُّنَّ الْحُقُوْقَ إِلَى أَهْلِهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُقَادَ لِلشَّاةِ الْجَلْحَاءِ مِنَ الشَّاةِ الْقَرْنَاءِ.

“Sungguh kalian akan benar-benar menyelesaikan hak-hak kepada pemiliknya pada hari kiamat. Sampai-sampai kambing yang tidak bertanduk akan diberikan hak qisosnya dari kambing yang bertanduk (yang telah menanduknya).” (HR. Muslim)

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membimbing kita untuk senantiasa bertaubat kepada-Nya dan dimudahkan untuk saling bermaaf-maafan. Aamiin.

🇲🇨 Bagian Indonesia
🕋 ICC DAMMAM KSA
🗓 [26/07/1437 H]
============================
Berlangganan Tulisan:
💡 Via WhatsApp +966556288679
💡 Via Telegram @iccdammamksa

Leave a comment