Bisa Jadi Karena Sering Membantu Sesama

Bisa jadi lancarnya rezeki seseorang karena doa orang tuanya. Mungkin juga karena doa fakir miskin yang mendapatkan uluran tangan darinya. Atau bisa juga karena doa saudara dan saudarinya yang ikut menikmati rezeki halal darinya yang ia selalu bagikan kepada mereka. Atau mungkin juga karena perhatiannya terhadap para penuntut ilmu agama.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ أَخَوَانِ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَكَانَ أَحَدُهُمَا يَأْتِيْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْآخَرُ يَحْتَرِفُ. فَشَكَا الْمُحْتَرِفُ أَخَاهُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: لَعَلَّكَ تُرْزَقُ بِهِ.

Dari Anas bin Malik ia berkata: “Dahulu ada dua orang bersaudara pada masa Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Seorang dari mereka senantiasa mendatangi Nabi shallallahu alaihi wa sallam (untuk menuntut ilmu), sedangkan yang satunya sibuk bekerja. Orang yang bekerja itu mengeluhkan saudaranya itu kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Kemudian beliau bersabda: “Semoga engkau mendapatkan rezeki karena sebab dirinya.” (Hadis sahih riwayat at-Tirmidzi).

IMG-20150528-WA0048

Dr. Fadhl Ilahi menuliskan: “Pada hadis mulia ini, Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan kepada seorang yang mengeluhkan saudaranya yang sibuk menuntut ilmu agama dan membiarkan dirinya mencari rezeki sendiri, bahwa tidak sepatutnya ia mengungkit-ungkit nafkah yang ia berikan kepada saudaranya itu, karena ia mengira bahwa rezeki yang datang kepadanya karena pekerjaannya. Apa dia tahu, bisa jadi Allah membuka pintu rezeki kepadanya karena dirinya membantu saudaranya yang sibuk menuntut ilmu agama?”

Oleh karena itu, ketika menjelaskan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam “Semoga engkau mendapatkan rezeki karena sebab dirinya” Ali al-Qari mengatakan: “Yakni, aku berharap atau aku khawatir engkau mendapatkan rezeki karena keberkahannya, bukan karena pekerjaanmu, maka itu janganlah engkau mengungkit-ungkit pekerjaanmu kepadanya.”

[Mafaatiih ar-Rizq, Fadhl Ilahi]

Semoga Allah memudahkan kita untuk berbagi dan bersyukur kepada-Nya.

🇲🇨 Bagian Indonesia
🕋 ICC DAMMAM KSA
🗓 [ 24/07/1437 H ]
============================
Berlangganan Tulisan:
💡 Via WhatsApp +966556288679
💡 Via Telegram @iccdammamksa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s