Pentingnya Ilmu Agama

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah pernah berkata:

الناس محتاجون إلى العلم أكثر من حاجتهم إلى الطعام والشراب، لأن الطعام والشراب يحتاج إليه في اليوم مرة أو مرتين، والعلم يحتاج إليه بعدد الأنفاس.

“Manusia lebih membutuhkan ilmu dari pada makan dan minum, sebab makan dan minum dibutuhkan hanya sekali dua kali dalam sehari, sedangkan ilmu dibutuhkan sebanyak bilangan nafas.” [al-Bahr ar-Raa-iq, Ahmad Farid, hal. 25]

IMG_20151119_080316

Sungguh benar ucapan beliau rahimahullah. Kita dalam sehari cukup makan sekali, dua atau tiga kali, namun untuk ilmu kita butuh lebih dari hitungan jari jemari. Di setiap kegiatan sehari-hari kita sangat butuh ilmu. Dan Islam telah menjelaskan semuanya dengan rinci.

☆ Bangun tidur ada doa dan tuntunannya, dan itu ilmu.
☆ Mau masuk ke kamar mandi ada doanya, di dalam kamar mandi ada adab-adabnya, juga setelah keluar dari kamar mandi juga ada doanya, dan semua itu ilmu.
☆ Setelah itu wudhu untuk sholat subuh, dan keduanya juga butuh ilmu.
☆ Keluar dari rumah menuju masjid untuk shalat subuh ada doanya, menuju masjid ada doanya, masuk masjid ada doanya, di dalam masjid ada adab-adabnya, hingga keluar dari masjid pun ada doanya, dan semua itu adalah ilmu.
☆ Juga ada zikir-zikir pagi yang penting untuk dibaca. Ini juga merupakan ilmu.
☆ Setelah itu minum teh dan sarapan. Makan dan minum ada doa sebelum dan setelahnya. Ketika itu pun ada adab-adabnya, dan itu semuanya adalah ilmu.
☆ Kemudian keluar dari rumah untuk bekerja. Ketika di luar rumah ada adab-adabnya, ketika bergaul dengan teman ada adab-adabnya, dengan atasan dan bawahan juga ada adabnya, dan itu ilmu.
☆ Selama di jalan ketika berangkat dan pulang ke rumah pun ada adab-adabnya, ketika bertemu dengan teman pun ada adab-adabnya. Dan sekali lagi itu adalah ilmu.
☆ Ketika bekerja dan tiba waktu sholat maka bersiap-siap untuk sholat, dari ketika wudhu sampai selesai sholat. Semuanya penuh dengan ilmu.
☆ Mungkin siang itu hujan, maka ada adab-adab ketika turun hujan, ada doa khusus ketika itu dan setelah hujan reda. Ketika mendengar petir pun ada doanya. Dan ini semua adalah ilmu.
☆ Kemudian sampai sore hari, di saat itu dianjurkan untuk membaca zikir sore hari, dan ini pun ilmu.
☆ Kemudian setelah kembali di rumah dan bertemu dengan keluarga, perlu memberikan nasihat dan masukan bagi mereka. Dan untuk melakukan hal ini butuh ilmu.
☆ Singkatnya, hingga dia bersiap-siap untuk tidur kembali, ada doa dan bacaan-bacaan tertentu yang menjadi tuntutan Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Dan ini pun adalah ilmu.
☆ Bahkan, ketika terbangun di malam hari pun ada tuntunannya. Dan semua itu pun butuh ilmu.

Sementara makan dan minum hanya beberapa kali saja dalam sehari. Maka itu, ini semua menunjukkan pentingnya ilmu dan pentingnya menuntut ilmu. Sungguh merugi seorang hamba yang hari-harinya ia lalui tanpa ada ilmu. Waktu terlewatkan begitu saja, hampa tanpa pahala dari Allah ta’ala. Allahul musta’aan.

Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kita untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin, ya Rabb.

✅ Bagian Indonesia
ICC DAMMAM KSA
[ 29/03/1437 H ]
============================
Berlangganan Tulisan:
Via WhatsApp +966556288679
Via Telegram @iccdammamksa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s