Agar Mudah Bersyukur

Nabi shallallahu alaihi wa sallam telah memberikan resep kepada kita agar kita lebih mudah bersyukur kepada Allah ta’ala. Apa itu? Simaklah dua hadis berikut:

IMG_20151203_175819

★ HADIS PERTAMA:

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengatakan:

اُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ

Perhatikanlah orang yang lebih rendah dari kalian, janganlah melihat orang yang lebih tinggi dari kalian, yang demikian niscaya dapat membantu kalian untuk tidak meremehkan kenikmatan Allah yang diberikan kepada kalian. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

★ HADIS KEDUA:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan:

إِذَا نَظَرَ أَحَدُكُمْ إِلَى مَنْ فُضِّلَ عَلَيْهِ فِي الْمَالِ وَالْخَلْقِ فَلْيَنْظُرْ إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْهُ

Apabila seorang dari kalian melihat orang lain yang diberi kelebihan dalam hal harta dan bentuk fisik, maka hendaklah ia melihat kepada orang yang lebih rendah dari pada dirinya. (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kepada kita -bahwa dalam urusan dunia dan fisik- agar melihat orang yang lebih rendah dan di bawah dari pada kita. Dengan demikian semoga kita tidak akan mudah meremehkan kenikmatan yang Allah subhanahu wa ta’ala berikan kepada kita.

○ Bila seorang dari kita sakit flu, lihatlah kanan kiri, ternyata masih banyak yang penyakitlah lebih parah dari kita.

○ Mungkin ada yang satu jarinya hilang karena kecelakaan. Namun lihatlah kanan kita kita, ternyata ada yang tidak memiliki satu tangan, atau bahkan tidak memiliki keduanya.

○ Mungkin ada yang pendapatannya sebulan sebanyak Rp. 1 jt. Namun bila kita lihat kanan kiri ternyata ada yang jauh di bawah dari jumlah tersebut.

○ Ketika kita bisa makan tiga kali sehari meski dengan tempe dan tahu saja maka bersyukurlah, sebab masih banyak kanan kiri kita yang makan hanya dua kali sehari –karena tidak mampu-, bisa jadi bahkan hanya sekali sehari. Bahkan bisa jadi pada hari itu ia tidak mendapatkan makanan sedikitpun.

○ Bila kita bisa mengontrak sebuah rumah maka bersyukurlah. Realitanya masih banyak kanan kiri kita yang tidak bisa mengontrak seperti kita. Bahkan kehidupannya berpindah-pindah dari emperan pertokoan yang satu menuju tempat untuk berteduh lainnya.

Alhamdulillah, begitu banyak kenikmatan yang Allah terus berikan kepada kita.

Semoga Allah membimbing kita untuk senantiasa bersyukur kepada-Nya. Aamiin.

 

✅ Bagian Indonesia
🏠 ICC DAMMAM KSA
📅 [ 08/03/1437 H ]
============================
Berlangganan Tulisan:
🔹 Via WhatsApp +966556288679
🔹 Via Telegram @iccdammamksa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s