Namanya Alquran

Namanya Alquran. Ia adalah kalamullah (firman Allah) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam melalui perantara malaikat Jibril alaihis salam.

Dia sangat utama untuk dibaca. Bahkan sangat banyak keutamaannya. Sebaik-baik dari kita adalah yang belajar dan mengajarkan Alquran. Siapa yang membaca satu huruf darinya maka dia akan mendapatkan 10 kebaikan. Dia akan menjadi syafaat pada hari kiamat bagi orang yang banyak membacanya. Dan masih banyak keutamaan istimewa yang ia miliki.

quran

Namun, realita membuktikan, dan ini yang sangat menyedihkan, sebagian kita melalaikannya, kurang memedulikannya. Bahkan bisa jadi malah tidak memperhatikannya sama sekali.

Ia ada di rumah, namun sebagian pemiliknya begitu jarang memegangnya, apalagi membacanya. Bahkan, bisa jadi meliriknya saja tidak ia lakukan.

Ia banyak di masjid, namun orang yang membacanya hanya sebagian saja. Sedangkan sebagian yang lainnya entah sibuk dengan apa, padahal mereka berada di rumah Allah ta’ala.

Ia banyak di pertokoan dan tak sedikit dari kita yang membelinya. Namun setelah itu, terkadang sebagian kita meletakannya begitu saja. Bisa jadi sangat jarang untuk diperhatikan apalagi dibaca dan dipelajari.

Bahkan, ironisnya, sebagian dari kita ada yang menjadikannya sebagai “jimat”. Ia meletakkannya di sebuah tempat di rumahnya, ia meyakini bahwa dengan demikin setan tidak akan masuk ke dalam rumahnya dan jin jahat tidak akan mengganggunya. Padahal, ia diturunkan untuk dibaca, dipelajari, ditadabburi, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan untuk dijadikan sebagai “jimat”, pajangan atau hiasan di rumah pribadi.

Sebagian dari kita banyak menghafal lirik-lirik lagu, namun tidak untuk Alquran.

Sebagian dari kita dengan cepat menghafal nasyid “islami”, namun tidak untuk Alquran.

Sebagian dari kita luar biasa semangatnya mempelajari teknologi, namun, sekali lagi, tidak demikian untuk Alquran.

Jari-jemari sebagian dari kita begitu fasih bermain hp, namun akan menjadi gagap bila memegang Alquran. Sulit mencari surat al-Kafiruun apalagi an-Naba’, al-Hujuraat, terlebih an-Naml.

Mata sebagian dari kita begitu kuat berselancar di dunia maya, namun menjadi sangat berat ketika melihat Alquran.

Tenaga sebagian kita begitu dahsyat ketika berolahraga, namun tiba-tiba menciut ketika dihadapkan dengan Alquran.

Sebagian kita merasa enjoy menghabiskan waktu di hadapan TV, namun akan merasa gerah meski sesaat bersama Alquran.

Hanya kepada Allah kita mengeluhkan lemahnya iman. Hanya kepada-Nya semata kita memohon agar diberikan kecintaan kepada Alquran. Hanya kepada-Nya semata kita memohon agar dimudahkan untuk membaca Alquran, mentadabburi dan mempelajarinya, kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan kita memohon kepada Allah, semoga kita dimudahkan untuk menghafalkannya. Aamiin ya Rabb.

✅ Bagian Indonesia
🏠 ICC DAMMAM KSA
📱 +966556288679
==================
📅 [ 27/02/1437 H ]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s