Taubat Nashuha

Kajian Kitab Tazkiyatun Nufus, oleh Ust Muhammad Sulhan Jauhari, di ICC Dammam (13 Shafar 1436)

Allah berfirman: “Wahai org2 beriman, bertaubatlah kpd Allah dg taubat nashuha, boleh jadi Rabb kalian menghapuskan dr kalian dosa2 kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga yg di dalamnya mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (At-Tahrim: 8)

Ayat di atas merupakan perintah utk betaubat nashuhah yg dijanjikan dua balasan bagi yg mengerjakannya; diampuni dosa dan dimasukkan ke dalam surga.

Maksud dari nashuha adalah memurnikan taubat dari kekurangan dan kerusakan. Hal2 yg menghilangkan taubat dihilangkan sehingga menjadi murni. Al-Hasan al-Bashri mengatakan bahwa seseorang hamba yg bertaubat dg taubat nashuhah yaitu dg menyesali apa yg dilakukan dan bertekad bulat tidak akan mengulanginya lagi. Al-Kalbi mengatakan, bahwa taubat nashuhah adalah beristighfar dengan lisan dan menyesali dalam hati, dan menahan anggota badannya.

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan bahwasannya taubat yg nashuha mencakup tiga hal;
– Pertama, meninggalkan seluruh dosa, tidak ditinggal sebagian dilakukan sebagian yg lainnya. Hal ini berkiatan dg objek seluruh dosa yg di intakan ampunann taubat.
– Kedua, mengumpulkan tekad kuat dan tulus dlm bertaubat sehingga tidak ada keraguan dlm taubatnya, tidak pula menunggu-nunggu untuk menyegerakan taubatnya. Hal ini terkait dg hamba yg bertaubat.
– Ketiga, memurnikan taubat dari berbagai macam kotoran dan penyakit yang dapat merusak keikhlasan. Hal terkait dg kepada siapa taubat ditujukan, yaitu hanya kpd Allah Ta’ala.[]

Simak rekaman audio kajian di atas di sini.

tazkiya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s