Sayang Anak

APAKAH termasuk sayang anak menuruti segala permintaan sang anak? Jawabnya, tentu tidak. Alasannya simpel, karena tidak semua permintaan anak itu baik, bisa jadi dari sisi agama maupun sisi dunia.

Disinilah terkadang keimanan orang tua diuji. Disatu sisi terkadang orang tua kasihan bila permintaan anak tidak dituruti, apalagi ketika ia cemberut atau menangis. Di sisi yang lainnya, permintaan sang anak memang tidak baik.

Di sinilah ketegasan diperlukan. Tegas bukan berarti keras. Namun tegas adalah berpegang teguh dengan prinsip Islam yang telah dipelajari. Dan di dalam Islam terkadang dibutuhkan ketegasan, sebagaimana pula terkadang diperlukan kelembutan. Masing-masing situasi dan kondisi bisa berbeda cara menghadapinya. Maka itu, orang tua wajib membekali diri dengan ilmu agama, agar sikapnya terhadap anak benar-benar lurus dan sesuai tuntunan. Jika yang rajin mendalami agama saja masih bisa salah. Lantas, bagaimana dengan yang tidak mempelajarinya?! Sementara ilmu itu harus ada sebelum berkata dan berbuat. Semoga senantiasa dimudahkan menuntut ilmu agama dan mengamalkannya. Aamiin.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s