Termasuk Syirik, Nadzar Untuk Selain Allah

Kajian Kitab Tauhid, oleh Ust Muhammad Sulhan Jauhari, mulai jam 1.00 Siang, di ICC Dammam

Nadzar untuk selain Allah seperti dipersembahkan untuk kuburan, keramat, syaikh fulan, penghuni jembatan, ahli kubur, dsb, ini semuanya termasuk kesyirikan. Adapu nadzar utk Allah tetapi bertujuan maksiat, “seperti jika saia sehat, maka saia akan bunuh kamu.” “Saia nadzar untuk menyembelih kambing tetangg,” dst. Ini termasuk nadzar maksiat yg tidak diperbolehkan, dan kewajibannya utuk membayar kaffarah, memberi fakir miskin atau puasa 3 hari.

Dalam surat Al-Insan ayat ke-7, “Mereka menunaikan nadzarnya dan takut akan suatu hari yg adzabnya merata di mana-mana.” Ayat ini merupakan pujian bagi al-abror yg disebut dalam surah al-Insan ayst 5. “Sesungguhnya al-abror meminum dari cangkir yg kacanya dari kaafuur.” Pujian ini merupakan sebuah ibadah, karena seorang hamba masuk ke surga kecuali setelah melakukan suatu ibadah. Maka itulah, nadzar termasuk dari bagian ibadah yg harus ikhlas untuk allah Ta’ala.

Ayat kedua dari surat Al-Baqoroh ayat ke 270, “Dan apapun yg kamu nafkahkan atau apapun yang kamu nadzarkan sesungguhnya Allah mengetahuinya.” Dan diriwayatkan dalam shahih Al-Bukhari dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yg bernadzar utk mentaati allah maka supaya mentaatibya, dan barangsiapa bernadzar utk maksiat kpd Allah, maka janganlah bermaksiat kpdaNya.”

Nadzar secara bahasa adalah al-ijaab, mewajibkan. Adapun secara syar’i, seorang yg mukallaf (diwajibkan) atas kesadaran dirinya mewajibkan sesuatu karena Allah Ta’ala. Nadzar merupakan bagian dari ibadah, yg tidak boleh ditujukan selain kpd Allah. Nadzar ada permulaan dan akhirannya.

Nadzar menjadi makruh atau haram:
1. Nadzar tdak mendatangkan kebaikan bagi seorang hamba, meski nadzar ketaatan. Yang melakukan nadzar ini orang2 yg kikir.
2. Orang yg nadzar melakukan sesuatu yg awalnya bukan wajib menjadi kewajiban atas dirinya, sehinggga memberatkan yg bisa jadi tidak jadi melakukannya.
3. Dalam surat An-Nuur ayat ke-53, dari ayat ini, banyak org yg bersumpah utk melakukan kebaikan, tetapi tidak jadi melakukannya. Karena jika ingin melakukan kebaikan, maka lakukannlah tanpa harus bersumpah.
4. Terkait dg nadzar mu’allaq, seakan-akan orang yg bernadzar tidak yakin dengan Allah Ta’ala, kecuali bernadzar dulu.

Macam-macam Nadzar

1. Nadzar Muthlaq, adalah tidak menyebutkan apapun kecuali seperti ucapan “saya bernadzar kepada Allah.” Jika dilanggarnya, maka wajib membayar kaffarah sebagaiam 0n melanggar sumpah.

2. Nadzar al-Ghadhob, nadzar karena marah. Seperti orang yg membrikan syarat, seperti jika kabarnya tidak benar, maka saia bernadzar kepada Allah, saia akan menyembelih kambing.” Untuk nadzar jni, diperbolehkan melakukan nadzar tsb atau membayar kaffarah (denda).

3. Nadzar Mubah, sesuatu yg boleh, yang mana nadzar dilakukan untuk selain ibadah. Seperti nadzar ingin naik mobil ini, memakai pakaian itu, duduk di sana, dst. Boleh melakukannya atau membayar kaffarah, sebagian ulama berpendpat yg lain mengatakan tidak perlu membayar kafarah.

4. Nadzar maksiat, seperti nadzar akan berpuasa di 2 hari raya, meminum khamr, dsb. Maka nadzar seperti ini tidak boleh ditunaikan. Syaikh Sholeh al-Fauzan memasukkan ke dlam nadzar ini adalah nadzar selain untuk Allah.

5. Nadzar at-Tabrrur (Nadzar ketaatan), seperti bernadzar utk melakuakan sholat sunnah, shaum 3 hari bulan depan, dst, baik utk yg muallaq (rerikat) atau muthlaq (tanpa sebab). Barangsiapa yg bernadzar utk Allah, maka harus mentaatiya.”

Al-Masail
– Wajibnya melaksanakan nadzar
– Jika telah tetap keadaannya ibadah kepada Allah, maka jika di palingkan kepada selain Allah, maka itu termasuk syirk
– Nadzar dalam kemasiatan, maka ridak boleh ditunaikan, “Barangsiapa yg bernadzar utk kemaksiatan kpd Allah, maka janganlah (melaksanakan) maksiat kpd Allah.” (Shahih Bukhari).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s